Wednesday, April 3, 2019

Maksimalkan Program Diet Anda Dengan Berolahraga

Biasanya ketika kita sedang ingin menurunkan berat badan, pikiran yang pertama kali muncul adalah diet dengan cara mengurangi asupan makanan. Metode yang dipilih biasanya tidak makan malam, atau tidak makan nasi. Jarang sekali yang berniat mengurangi berat badan dengan melakukan olahraga, meskipun kita sudah sering membaca bahwa olahraga mampu meningkatkan metabolisme tubuh.

Program diet yang baik dan effisien itu sebenarnya adalah menggabungkan pengelolaan makanan yang benar dan juga berolahraga secara baik dan teratur. Dengan berolah raga semua kalori dari glikogen, gula atau lemak akan lebih cepat dimetabolisme oleh tubuh hingga tidak menjadi bagian tubuh yang tidak diinginkan. Olahraga berintensitas tinggi yang dilakukan sebelum makan akan memperkecil risiko penambahan berat badan karena zat-zat yang diasup ketika makan akan segera digunakan untuk perbaikan otot bukan sebagai tumpukan lemak.
 
Berlarilah

Dengan berlari selama 8 menit dengan menempuh jarak 1 mil, seseorang yang memiliki berat sekitar 68 kg akan mampu membakar hingga 893 kalori tiap jamnya. Jika Anda berlari selama 10 menit per mil, maka jumlah kalori yang terbakar bisa mencapai angka 731. Aktifitas kardio seperti berlari ini selain sangat bagus untuk membakar lemak tubuh yang berlebihan juga baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Lakukan Aerobik

Melakukan Aerobik juga cukup efektif dalam menurunkan berat badan dan juga bisa memperindah bentuk paha dan pinggul. Orang yang memiliki berat 68 kg bisa membakar hingga 357 kalori perjamnya melalui latihan aerobik. Akan tetapi hasil bisa berbeda-beda tergantung dari porsi latihan yang dijalankan saat aerobik.

Anda hobi bersepeda?

Jika iya, maka lakukanlah olahraga ini terus setiap hari. Karena ternyata dengan bersepeda sejauh 15-18 mil per jam, mampu membakar hingga 850 kalori untuk orang dengan berat sekitar 68 kg. Bersepeda termasuk olah raga yang paling mudah karena bisa dilakukan oleh siapapun dan juga sangat kecil kemungkinannya untuk mengalami cedera. Dengan bersepeda Anda juga akan ikut berpatisipasi dalam menjadi lebih hijau (go green)

Berenang

Dengan berenang, orang yang memiliki berat badan sekitar 70 kg mampu untuk membakar hingga 523 kalori perjamnya. Namun hasil ini juga tergantung gaya renang dan kecepatannya. Semakin ahli Anda dalam urusan renang, maka Anda akan mampu membakar kalori lebih cepat dan lebih banyak. Selain baik untuk menunjang program diet Anda, berenang termasuk salah satu olahraga yang mampu membentuk tubuh dengan cepat dan mempertinggi tubuh, jadi tidak heran jika olah raga ini sangat disarankan untuk dilakukan.

Olahraga ketika perut kosong

Olahraga dengan kondisi perut tidak berisi hanya bisa dilakukan pada pagi hari sebelum sarapan, karena tubuh Anda masih menyimpan cadangan energi ketika tidur malam. Berolahragalah sekitar 30-40 menit saja setiap pagi. Sangat tidak dianjurkan untuk melakukannya di malam hari dengan perut kosong, karena hanya akan membuat Anda lemas dan letih keesokan harinya.

Berlatih dengan teman

Memiliki teman untuk berlatih akan memotivasi Anda dalam upaya menurunkan berat dengan berolahraga. Misalnya ketika Anda merasa malas untuk latihan, maka ajakan seorang teman akan membuat Anda lebih bersemangat. Ketika Anda merasa hasil diet Anda masih saja kurang optimal, maka seorang teman bisa memberikan saran-sara untuk memperbaiki program diet dan olahraga Anda lebih baik lagi.

Olahraga teratur

Apapun jenis olahraga yang Anda pilih untuk program diet Anda, lakukanlah dengan rutin dan teratur karena untuk menjaga tingkat metabolisme tubuh selalu dalam tingkat yang optimal, diperlukan keteraturan dalam melakukan aktivitas fisik. Jika Anda bosan dengan latihan yang Anda lakukan saat ini, cobalah lakukan latihan yang berbeda. Jika Anda bosan berlari, cobalah aerobik atau bersepeda misalnya. Hal-hal yang baru tersebut akan membuat selalu Anda selalu bersemangat dan teratur berolahraga. (ez/ks)

Artikel Terkait