Sunday, March 17, 2019

Ini Dia Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan

Pepaya. Siapa yang tak kenal tumbuhan dengan buah berwarna jingga dengan rasa manis nan  lembut ini? Rasanya yang khas dan segar menjadikan kuliner pilihan bagi banyak orang. Begitu mudah didapatkan karena tumbuh sepanjang tahun khususnya di daerah-daerah tropis sesuai habitat aslinya di  Meksiko bagian selatan. 
 
Selain rasanya yang lezat, pepaya ternyata termasuk buah yang mempunyai kandungan gizi yang tinggi. Buah pepaya kaya akan enzim, vitamin, maupun mineral. Buah pepaya mengandung enzim papain yang berfungsi mempercepat proses pencernaan protein. Daya cerna yang diberikan enzim papain bisa mencerna 35 kali lipat sehingga membuat makanan yang mengandung protein bisa diambil manfaatnya dengan baik.

Vitamin dan nutrisi lain di dalam buah pepaya antara lain antioksidan seperti beta karoten (vitamin A), vitamin C - kadar vitamin C dalam pepaya adalah 48 kali lipat buah apel - vitamin B kompleks, flavonoid, asam folat dan pantotenat. Pepaya juga mengandung banyak mineral, kalium, magnesium, dan serat. Nutrisi-nutrisi ini membuat pepaya amat bermanfaat bagi kesehatan.

Membantu sistem pencernaan

Dalam pengobatan tradisional Cina, pepaya dikenal sebagai obat alami mengatasi gangguan  pencernaan. Protein dan papain yang ada di dalam pepaya merupakan zat-zat yang membantu proses pencernaan dan mencegah sembelit dengan alami. Para ahli nutrisi juga mengatakan bahwa serat yang ada pada pepaya membantu mengikat racun penyebab kanker di usus besar dan mencegah racun-racun “mengotori” sel-sel yang masih sehat di usus besar.

Bermanfaat untuk diet

Para ahli menemukan bahwa kandungan enzim pepaya  memiliki efek untuk mengurai protein, lemak dan juga karbohidrat. Konsumsi pepaya bisa memperbaiki sistem metabolisme sehingga pembakaran lemak menjadi energi jauh lebih maksimal. Karenanya makan buah pepaya dengan kandungan tersebut sangat baik bagi mereka yang sedang melakukan diet. Selain itu pepaya juga adalah buah yang rendah kalori.

Mencegah kanker

Yayasan Kanker Internasional pada tahun 1997 melaporkan tentang manfaat vitamin C dan karoten, yang banyak terdapat dalam pepaya, untuk mencegah kanker. Munculnya anjuran diet makanan yang mengandung vitamin C dan karotenoid untuk mencegah kanker paru-paru. Cara ini juga kemungkinan dapat melawan kanker kolon, pankreas, kandung kemih dan payudara, serta mengurangi radikal bebas yang merupakan pencetus kanker.

Meningkatkan kesuburan pria

Pepaya terbukti secara signifikan dapat membantu proses kesuburan pria. Dengan mengonsumsi vitamin C yang dikandung oleh pepaya sebanyak 500 miligram per hari, maka para pria dapat meningkatkan jumlah sperma, menstimulasinya menjadi lebih subur, dan—yang paling penting—mempercepat pergerakan sperma, yang pada akhirnya mempercepat terjadinya kehamilan

Mencegah penyakit jantung

Pepaya dipercaya juga efektif dalam mencegah atherosclerotic dan penyakit jantung. Konsentrasi dari pro-vitamin, carotenoid phytonutrients, yang dikandung oleh pepaya membantu mencegah oksidasi kolestrol sehingga mencegah terjadinya penumpukan plak berbahaya di dinding arteri yang menyebabkan timbulnya serangan jantung. Serat pepaya juga mampu membantu menurunkan kadar kolestrol LDL (kolestrol jahat).

Baik bagi penderita diabetes

Bagi penderita diabetes, memilih untuk mengkonsumsi buah pepaya sangat disarankan karena buah pepaya memiliki jumlah gula yang lebih rendah bila dibandingkan dengan buah lainnya. Meskipun pepaya memiliki rasa manis, tingkat glukosanya relatif rendah. Penderita diabetes dapat dengan mudah mengkonsumsi tiga porsi buah pepaya sehari, dan tidak akan bermasalah dengan penyakitnya.

Mengencangkan Payudara

Pepaya di percaya sudah sejak dulu sebagai buah yang dapat mengencangkan payudara. Berdasarkan uji klinis enzim di dalam buah pepaya dapat membantu pertumbuhan payudara sehingga lebih kencang dan kenyal. Pepaya juga diperkaya dengan hormon pengencang serta vitamin A yang merangsang pengeluaran hormon wanita dan merangsang indung telur mengeluarkan hormon betina. Dari hormon tersebut kelenjar susu akan lancar dan bentuk payudara semakin ideal.

Agar awet muda

Enzim papain pada pepaya aktif sebagai detoksifikasi sehingga dapat menyegarkan kulit dari dalam. Pepaya juga dapat mendorong proses metabolisme kulit. Pepaya dapat dengan baik melumerkan lapisan kulit dan zat tanduk penuaan yang timbul dipori-pori sehingga kulit lebih kencang dan cerah. Jadi, mulai sekarang rajin-rajin saja pakai masker buah pepaya atau facial pepaya. (hn/ks)  

Artikel Terkait